LKM - FDK Selenggarakan Seminar Nasional

LKM - FDK Selenggarakan Seminar Nasional


YOGYAKARTA - Dinamika politik elit yang terjadi saat ini cenderung kurang mendidik bagi generasi muda. pemberitaan yang muncul media, mempertontonkan kekonyolan para politikus dalam menyelesaikan persoalan kenegaraan. Saling sikut dan memojokkan terus  terjadi antar lembaga Negara, seolah tak ada lagi lembaga Negara yang dapat dipercaya oleh rakyat. Era demokrasi yang ditandai dengan multi partai, juga belum mampu menjawab persoalan kerakyatan. Multi partai dalam sistem demokrasi, belum mampu mengikis praktik-praktik oligarki politik yang sudah mengakar dalam sistem per-politik-an selama ini.
Partai politik sebagian besar masih dikuasai oleh para pemodal, sehingga kepentingan serta perjuangan partai tersebut belum mampu menyentuh sendi-sendi kehidupan masyarakat akar rumput. Sejauh ini belum ada partai politik yang diisi oleh generasi muda yang memiliki visi pembangunan dan politik kerakyatan yang berpihak pada rakyat sepenuhnya. Kalau pun ada, itu masih sebagian kecil dan belum mampu menguasai sebuah partai.
Mahasiswa sebagai calon pemimpin masa depan, hari ini belum menemukan formulasi yang pas dalam merumuskan sebuah politik kerakyatan. Sikap apatis, hedonis, dan pragmatis menjadi kendala utama mahasiswa dalam mewujudkan hal tersebut. Sikap apolitis mahasiswa menjadi boomerang tersendiri dalam mewujudkan politik kerakyatan. Di sini lah diharapkan terjadi sinergi gerakan, antara mahasiswa dan partai politik dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, demi terwujudnya politik kerakyatan.
Hari ini yang harus kita (mahasiswa) lakukan, meracik sebuah formulasi gerakan yang ideal dan mampu menjawab tantangan zaman. Kita berharap gerakan mahasiswa mengalami perkembangan yang dinamis dan tentunya bersinergi dengan partai politik mewujudkan cita-cita kemerdekaan.
Menyikapi fenomena tersebut, Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, mengadakan seminar nasional dengan tema “Arah Baru Politik Gerakan Mahasiswa di Era Multi Partai” pada tanggal 13 Februari 2018 di Teatrikal Dakwah.
Agenda ini akan menghadirkan empat narasumber yaitu: Abdur Rozaki, S.Ag., M.Si (Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FDK), Bambang Joedo Pramono S.Si (Ketua Majelis Prodem), Ihwan Setiawan. SH (Ketua AMPG Sleman) dan Asran (Senat Mahasiswa FDK)




Laci Gagasan

Media informasi yang mengangkat isu-isu seputar mahasiswa dan artikel umum terkait ekonomi, bisnis, sosial, politik, sejarah dan budaya

Posting Komentar

komentar yang mengandung spam, tidak akan ditampilkan

Lebih baru Lebih lama